FIB Sosialisasi Hingga ke Sulut Kenalkan Kampus, Gandeng Mahasiswa Berprestasi

Masa transisi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat ke jenjang perguruan tinggi, memang sangat dibutuhkan informasi pilihan yang cukup untuk para siswa. Terlebih mereka yang saat ini telah menginjak kelas III atau kelas XII. Untuk itu, para dosen dan beberapa mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go), turun mengunjungi beberapa sekolah yang ada di wilayah provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Diantaranya, salah satu sekolah tingkat SMA yang ada di Kota Kotamobagu dan beberapa sekolah Yayasan yang ada di Kota Manado. Kepala Pusat Bahasa FIB UM Go Yulan Puluhulawa, S.Pd, M.Hum menjelaskan sosialisasi ini bertujuan untuk menarik mahasiswa serta memperkuat perkenalan kampus UM Go kepada para siswa di beberapa sekolah wilayah provinsi Sulawesi Utara. “Karena masih banyak siswa yang belum mengetahui UM Go di wilayah Sulut. Maka, kami pihak FIB turun mengunjungi beberapa sekolah yayasan di Kota Kotamobagu dan Kota Manado. Jadi, selain mempromosikan kampus UM Go, kami juga mempromosikan FIB, karena kebetulan jumlah mahasiswa yang ada di FIB masih terbilang sedikit,” ujar Yulan. Selain itu, dalam mengisi kegiatan sosialisasi ini, rombongan FIB juga melakukan bakti sosial (Baksos) bersama dengan para siswa dan pihak sekolah, diantaranya Sekolah Muhammadiyah di Yayasan AS – Salam, dengan maksud mempererat silaturahmi diantara kedua pihak. “Selain sosialisasi kami pun melakukan bakti sosial dengan beberapa sekolah dan pesantren Yayasan AS – Salam, supaya keakraban dan silaturahmi diantara UM Go dengan pihak yayasan bisa terjalin dengan baik,” imbuhnya. Dalam sosialisasi ini, pihak FIB mengandeng mahasiswa UM Go yang berprestasi dan mahasiswa penerima beasiswa Pimpinan Wilayah, pihak fakultas pun melakukan sosialisasi sejak Senin (14/1) sampai Rabu (15/1) yang berlokasikan di Kota Kotamobagu dan dilanjutkan ke Kota Manado pada Kamis (17/1). Para mahasiswa ini diperuntukan untuk presentasi tentang prestasi yang mereka raih selama kuliah di UM Go. Sosialisasi ini pun sempat didampingi langsung oleh Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Sulut. Sehingga bisa menumbuhkan kemauan para siswa untuk kuliah di UM Go. “Kebetulan saat itu kami didampingi langsung oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulut, sehingga bisa memperkuat para siswa yang ingin kuliah di UM Go,” tandasnya.

Sambut Gembira Turnamen Basket U-19, Rektor : Wahana Aktifkan UKM dan Promosi Kampus

KAMPUS PENCERAHAN – Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go) Dr. dr. H. Muhamad Isman Jusuf, Sp.S menyambut gembira turnamen Basket U-19 yang dilaksanakan KopiMu yang rencananya dimulai pada 24 Januari 2019 ini di gedung Indoor David Bobihoe Akib kampus UM Go. Dirinya mengungkapkan kegiatan ini sangat menghasilkan hal positif bagi para mahasiswa, yaitu selain sebagai wahana untuk mengaktifkan kegiatan unit mahasiswa hal ini pun menjadi media promosi dan sosialisasi kampus kepada masyarakat khususnya kaum milenial yang akan studi lanjut S1. “Sebagai pimpinan universitas kami menyambut gembira kegiatan ini, ada dua hal yang sangat penting didapatkan kampus, yang pertama sebagai wahana mengaktifkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) khususnya cabang basket dan yang kedua promosi dan sosialisasi kampus kepada masyarakat, terlebih kaum milenial yang akan lanjut studi S1,” ujar Rektor. Dirinya berharap kegiatan yang nantinya akan dilakasanakan di gedung Indoor David Bobihoe Akib kampus UM Go ini bisa berprestasi, tidak hanya skala lokal tetapi juga level regional dan nasional. Sehingga pihak kampus sangat mendukung turnamen yang digagas komunitas kampus KopiMu menjadi agenda rutin tahunan di kampus UM Go. “Kami sangat mendukung dan mensupport kegiatan ini berharap kegaiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan di kampus UM Go, agar para mahasiswa bisa menumbuhkan keunggulan mereka dibidang olahraga,” tambah Muhammad Isman.

Launching Language Learning Center Oleh BEM-FIB 2018-2019

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Go) Jum’at (11/1) sore gelar Launching Language Learning Center. Kegiatan ini berlangsung di Taman Pencerahan dan dibuka langsung oleh Wakil Rekor I Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa, M. Hum. Dekan FIB, Lusiana Dumbi, M. Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dicetuskan langsung Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya. ” Gerakan ini lahir dan diprakasai oleh BEM FIB, dimana yang akan menjadi tutornya adalah mahasiswa dari FIB baik prodi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab”Terangnya Lanjutnya, ia mengharapkan mahasiswa-mahasiswi dapat ikut serta dan aktif, mengingat tidak adanya pemberian buku atau sejenisnya karena sistemnya praktek langsung. Kepedulian Mahasiswa FIB ini, mengunggah rasa bangga Wakil Rektor 1. ” Alhamdulillah FIB masih bisa menggerakan teman-teman untuk belajar bahasa, karena kita tidak boleh kalah dengan anak-anak SD yang memiliki semangat yang tinggi untuk belajar bahasa. Kalau bukam kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi dan ini adalah waktunya untuk membuat sebuah perubahan”Imbuhnya. Pasalnya, UM Go dituntut untuk internasionalisasi, mengingat itu menjadi programnya sebagai wakil rektor untuk mendatangkan mahasiswa asing dan mengerimkan mahasiswa UM Go keluar. Dan ini dinilai sebagai salahsatu langkah untuk membuat UM Go, Go internasional.

SOSIALISASI SISTIM INFORMASI KAMPUS (SISFO) DI FIB

 Sistim Informasi Kampus (SISFO) di Universitas Muhammadiyah Gorontalo, segera akan diberlakukan di semua Mahasiswa UMGo, maka dari itu Fakultas Ilmu Budaya segera melakukan pembenahan dibidang SISFO dengan melaksanakan sebuah kegiatan Sosialisasi Sisfo tersebut ke mahasiswa tentang cara penggunaan User dan cara pengimputan KRS setiap Semester. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin 07 Januari 2019, di Gedung Mahad Ali Fakultas Ilmu Budaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Dan Unit yang memberikan Sosialisasi adalah UPT. Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) UMGo.

PELANTIKAN HMPS SASTRA ARAB, INGGRIS & PARIWISATA

Sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi di lingkungan FIB Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) berfungsi sebagai wahana untuk menyalurkan, mengembangkan bakat dan minat dalam berorganisasi serta menyampaikan aspirasi atau pendapat seluruh mahasiswa FIB Universitas Muhammadiyah Gorontalo selain BEM FIB. Selain itu HMPS juga merupakan organisasi intelektual mahasiswa yang kritis dan progresif terhadap perkembangan pendidikan masyarakat luas.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung AMCF pada hari Kamis, 20 Desember 2018. Kegiatan pelantikan HMPS dibuka oleh Ibu Dekan FIB UMGo. Acara dimulai dengan pembacaan surat keputusan Kaprodi tentang pengurus HMPS Periode 2018-2019 oleh masing-masing Ketua Program Studi. Kemudian pelantikan pengurus HMPS periode 2018-2019 yang ditandai dengan penyematan pin oleh Ibu dekan FIB-UMGo.

Semoga pengurus yang akan dilantik dapat menjadi pemimpin yang memiliki loyalitas dan berdedikasi tinggi serta memiliki visi dan misi yang dapat membawa organisasi HMPS menuju kearah yang lebih baik demi kemajuan program studi secara khusus dan FIB-UMGo pada umumnya.