Presentasi Penelitian Dosen Pemula Hibah DIKTI

Dosen Sastra Inggris Indah Wardaty Saud, M.Pd, Dahlia Husain, M.Hum dan Adimawati Helingo, M.Hum telah melakukan Presentasi untuk penelitian Dosen Pemula Hibah DIKTI di LPPM UMGo dan Hasilnya sangat memuaskan. Diharapkan Kedepannya ada lagi penelitian-penelitian semcamnya untuk Dosen-Dosen yang ada di Fakultas Ilmu Budaya agar bisa tercapai salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi yakni Penelitian.

Pengukuhan Anggota GIPI ” Gabungan Industri Pariwisata Gorontalo Indonesia”

Ibu Srilian Laxmiwaty Dai, M.Par telah dikukuhkan dalam keanggotaan GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) hal ini menunjukan eksistensi dari prodi Pariwisata FIB-UMGo dalam menjadikan dunia wisata khususnya Gorontalo dalam berkiprah di mata Dunia.

Rakornas BEM-PTM Se-Indonesia

Dalam rangka RAKORNAS BEM-PTM Se Indonesia yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Gorontalo dan BEM-UMGo yang menjadi Tuan rumah pada kegiatan kali ini, sehingganya SEMFAK Ilmu Budaya yang di Ketuai oleh Cinda Amilia Rahman Mahasiswa Semester 7 ini, ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut, selain sebagian mahasiswa menjadi panitia sebagaian lagi menjadi penari pada Opening Ceremony dikegiatan tersebut. Tari yang mereka namai dengan Tari Kreasi Nusantara oleh Sanggar Harmoni Saskara, cukup memukau dan sukses. fib.com

Kegiatan Senat Mahasiswa FIB (Pemilihan Duta Fakultas 2018)

Senat Mahasiswa yang baru dibentuk oleh Fakultas kini telah melaksanakan sebuah kegiatan Spektakuler yakni pemilihan Duta Fakultas. Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, dalam kegiatan ini mengusung tema “Menggali Potensi Diri”. dengan adanya kegiatan semacam ini akan menjadikan mahasiswa FIB punya bakat dan Talent yang bisa di ikut sertakan dalam berbagai ajang perlombaan diluar sana, semisalnya dalam kegiatan Pemilihan Nou dan Uti tingkat Provinsi Gorontalo, maka dengan adanya kegiatan ini sudah bisa dipastikan Fakultas Ilmu Budaya melalui SENAT Mahasiswa akan mengutus peserta untuk ikut dalam kegiatan semcamnya.

SEMINAR NASIONAL PENERJEMAH

Fakultas Ilmu Budaya-UMGo melaksanakan Seminar Nasional PENERJEMAH dengan tema “Menuju Profesi Penerjemah yang Inovatif dan Mendunia” kegiatan ini dilaksanakan oleh UPT. Pusat Bahasa kerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya dengan Pemateri Ibu Anna Wiksmadhara (Sekretaris Umum Himpunan Penerjemah Indonesia Penerjemah Profesional Bidang Minyak dan Gas legal)

English Village

UPT. Pusat Bahasa dibawah Kepemimpinan Yulan Puluhulawa, M.Hum semakin memperlihatkan keberhasilannya dalam mengelolah sebuah program yang pada akhirnya bisa menjadi sebuah program yang diunggulkan baik itu di Fakultas Ilmu Budaya maupun Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Kini UPT. Pusat Bahasa yang berada di bawah naungan FIB, membuat sebuah Program English Village atau perkampungan Inggris yang mana didalamnya ad program belajar Bahasa Inggris. Peserta dari program ini terdiri dari anak-anak yang umur 5-12 tahun, mereka diajarkan bagaimana berbahasa inggris yang baik dan benar. Bukan hanya bahasa inggris juga diajarkan dalam Program ini akan tetapi para peserta yang masih anak-anak ini juga diajarkan tentang bagaimana berbahasa Arab juga. Metode yang digunakan untuk mengajarkan para peserta yang kebanyakan masih anak-anak ini adalah dengan Bermain sambil belajar, sehingga anak-anak tidak bosan menerima proses pembelajaran. 

Lomba Bahasa & Sastra Tingkat SMA Sederajat

Fakultas Ilmu Budaya dengan UPT Pusat Bahasa Pada Bulan Oktober telah melaksanakan Lomba Bahasa dan Sastra Tingkat SMA Sederajat, dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya-UMGo turut andil meramaikan dengan kegiatan Lomba Bahasa. Lomba Bahasa dan Satra ini diikuti dari berbagai sekolah SMA/SMK/MA baik itu yang ada di Provinsi Gorontalo maupun yang dari luar Provinsi Gorontalo, yakni dari SMA 1 Palaleh turut ambil bagian dalam kegiatan ini. dalam kegiatan ini Ketua Panitia Ibu Yulan M. Puluhulawa, M.Hum menyampaikan bahwa, kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di UMGo dan baru pertama kali juga dilaksanakan oleh kami sebagai panitia, Insa Allah kegiatan semcam ini akan terus menjadi agenda tahunan yang akan diselenggarakan oleh FIB dan UPT. Pusat Bahasa maka dari itu perlu adanya kerjasama yang baik antara fakultas dan Universitas demi terwujudnya sebuah kegiatan yang berkualitas demi kemajuan Universitas Muhammadiyah Gorontalo kedepan.
(lebih…)

Kegiatan Yudisium Sarjana Tahun 2018

Yudisium Sarjana

Gorontalo, 18 November 2018. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo melaksanakan Yudisium Sarjana di Rahmat Hotel Kota Gorontalo. Fakultas Ilmu Budaya meiliki 3 Program Studi yakni Prodi. Sastra Inggris, Prodi Sastra Arab dan Prodi Pariwisata namun yang di Yudisium Sarjana pada hari itu hanya 2 Prodi saja yakni Prodi Sastra Arab dan Prodi Sastra Inggris dikarenakan Prodi Pariwisata baru memiliki mahasiswa baru dan semester satu hal ini disebabkan oleh Prodi Pariwisata baru dibuka pada Tahun 2018 ini. Pada Kegiatan Yudisium Sarjana tersebut di hadiri oleh Bapak Rektor UMGo, Bapak Dr. dr. H. Mohammad Isman Jusuf, S.Ps. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, sebagai alumni dari sastra harus bisa menghadapi tantangan di era milenial sekarang ini, karena memang Prodi Satra Arab dan Sastra Inggris sudah sesuai dengan tuntutan Zaman. Dimana Bahasa Inggris dan Bahasa Arab merupakan bagian dari bahasa Dunia/Internasional, sehingga-nya diharapkan Alumni dari Sastra bisa menjadi bagian dari perkembangan era Digital sekarang ini, ditambahkan lagi bahwa, FIB merupakan salah Fakultas yang memiliki segudang Prestasi salah satu diantaranya adalah Seorang Alumni dari FIB telah direkrut oleh salah satu penerbangan International Saudi Arabia. Hal ini merupakan Perstasi yang sangat membanggakan baik itu Fakultas maupun Kampus UMG.