Fakultas Ilmu Budaya-UMGo melakukan Kerjasama dengan Pemda Kab. Gorontalo

Senin 03 Agustus 2020 Fakultas Ilmu Budaya melaksanakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kab. Gorontalo dalam hal ini Bupati Kab. Gorontalo dengan Tujuh diknas terkait yakni ; Kepala Dinas Dikbudpora, Kepala Balitbang, Kepala BKD, Kepala Perpusip, Staf Ahli bidang SDM & Kemasyarakatan, Kepala Bagian Kerjasama Global dan Kepala bagian Kesra. dalam kesempatan tersebut Bapak Bupati Kab. Gorontalo menyampaikan bahwa, untuk kerjasama segera dibuatkan PKS (Perjanjian Kerjasama) sehingga dan akan segera merealisasikan kerjasama tersebut ke diknas terkait.

Yudisium Sarjana Fakultas Ilmu Budaya 2020

Gambar mungkin berisi: ‎3 orang, ‎termasuk ‎محمد أرافي أراش‎‎‎

Senin 20 Juli 2020 Fakultas Ilmu Budaya-UMGo melaksanakan Yudisium Sarjana bagi calon Sarjana Fakultas Ilmu Budaya, dengan Jumlah Calon Wisudawan sebanyak 8 Orang yang terdiri dari 2 Orang dari Program Studi Sastra Inggris dan 6 orang dari Program Studi Sastra Arab. Pada Yudisium kali ini di hadiri oleh Direktur Mahad Husain Bin Ali Gorontalo.

Webinar Budaya Fakultas Ilmu Budaya

 
Fakultas Budaya telah melaksanakan Webinar Nasional dengan Tema “BUDAYA PARIWISATA DAN PEMULIHAN PARIWISATA DI ERA KENORMALAN BARU” yang di prakarsai langsung oleh Program Studi Pariwisata Umgo, dalam kesempatan itu Bapak Rektor UMGo Bapak Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, S.Ps. mengatakan bahwa diera kenormalan baru ini sektor pariwisata harus bangkit untuk menormalkan kembali pariwisata pasca Covid-19, beliau juga menyampikan akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat untuk mengembangkan sektor pariwisata lewat ide-ide dan konsep oleh Program Studi Pariwisata Umgo. Dalam kesempatan itu juga Ibu Dekan Fakultas Ilmu Budaya Ibu Chaterina P. Doni, M.Pd. menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan Kampus Pencerahan telah memberikan kesempatan kepada Fakultas Ilmu Budaya untuk melaksanakan Webinar semacam ini, dan juga terima kasih kepada Program Studi Pariwisata Umgo telah memprakarsai kegiatan ini, serta terima kasih kepada panitia yang telah terlibat untuk mensukseskan Webinar Budaya Pariwisata.
Dalam Webinar tersebut di hadiri oleh KADIS Pariwisata Kab. Gorontalo, Bapak/Ibu Pimpinan UMGo, serta para Alumni Pariwisata.

BEM-FIB Gelar Webinar Budaya

Gorontalo 19 Juni 2020 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo telah melaksanakan Webinar dengan Tema “Eksistensi Budaya di Era New Normal” dengan Pemateri dari Dosen Fakuktas Ilmu Budaya yakni
1. Ibu Dekan Fib (Chaterina P. Doni, MP.d)
2. Ibu Kaprodi Pariwisata (Srilian Laxmiwaty Dai, M.Par
3. Ibu Dosen Pariwisata (Irma Khatibie, M.M.Par)
4. Bapak Dosen Sastra Arab (Berti Arsyad, M.Hum
Seminar tersebut dibuka langsung oleh Rektor UM-Go, pak rektor menyampaikan dalam sambutannya sangat memgapresiasi apa yang telah di gagas oleh BEM sehingga Webinar ini merupakan Webinar pertama yang dilakukan oleh Fakultas di Milad UMGo semoga sinergisitas antara BEM dan Civitas Fakultas selalu terjalin dengan baik dengan adanya Webinar-Webinar semacam ini tangkas beliau, Pak rektor juga menambahkan bahwa ditengah pandemi ini banyak skali kearifan Budaya lokal yang bisa diangkat untuk seminar-seminar semacamnya.
SELAMAT MILAD KE 12 UMGO
SELAMAT MILAD KE 12 FIB-UMGO

BEM-FIB Melaksanakan Kegiatan Diskusi Daring (22 Tahun Reformasi)

Tanggal 21 Mei tepatnya 22 tahun Reformasi Indonesia yang ditandai dengan lengsernya Presiden Indonesia ke-2 Soeharto setelah 32 tahun berkuasa. Lantas apakah arah Bangsa ini sudah lebih baik?, maka dengan peringatan 22 tahun reformasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo melakukan sebuah perubahan dari segi pemikiran dengan melakukan kegiatan Diskusi Daring dengan Tema “Merajut Kembali Arah Pemikiran dan Pergerakan untuk Indonesia” yang dalam hal ini sebagai Pemateri DINO ARDIANSYAH (Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti). Dan moderator ALHAMDU RAHMAN (Putra Kampus Universitas Muhammadiyah Gorontalo).

Mahasiswa/i FIB Mengikuti Gorontalo Gemilang Fashion Carnaval Festival

Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Budaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) mengikuti Gorontalo Gemilang Fashion Carnaval Festival pada kegiatan tersebut mahasiswa/i tampil MEMUKAU. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Festifal Pesona Danau Limboto tahun 2019. Pada kegiatan ini juga tak ketinggalan sesi foto bersama dengan para peserta di padati oleh masyarakat, mulai dari Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, Orang Dewasa, Remaja dan Anak-anak rebutan untuk berswafoto dgn Peserta dari FIB-UMGo.

Ujian Skripsi Tahun 2020

Fakultas Ilmu Budaya-Ditengah wabah Covid-19 yang tengah mewabah ini tidak menjadikan sebuah halangan bagi Program Studi Sastra Arab untuk menjalankan proses Akademik yakni Ujian Skripsi tahun 2020, tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan untuk pelaksanaan ujian tersebut. Mahasiswa yang mengikuti Ujian Seminar Hasil Skripsi tersebut yakni Aravi Aras, Miftahul Jannah dan Rahmawaty Morad.

Kunjungan ke Museum Popa Eyato Provinsi Gorontalo Oleh Mahasiswa Pariwisata

Mahasiswa S1 Pariwisata UMGo melaksanakan kunjungan ke Museum Popa Eyato Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini merupakan bagian dari Matakuliah yang tidak hanya belajar di dalam kelas saja. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang warisan budaya lokal yang menjadi bagian dari industri Pariwisata. Dalam kunjungan ini didampingi oleh Dosen Pariwisata Ibu Sunarty, M.Par dan Ibu Anggraini lagalo, M.Sc. Salam wonderful indonesia.

Penandatanganan Hasil Rumusan Program Pengembangan Ekonomi Kreatif tahun 2020

Dalam Rangka Rapat Koordinasi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan SDM Pariwisata Provinsi Gorontalo tahun 2020 yang diikuti oleh salah seorang dosen Pariwisata di Provinsi Gorontalo untuk pengembangan Ekonomi Kreatif dan Sumber Daya manusia (SDM) sekaligus Penandatanganan Hasil Rumusan Program Pengembangan Ekonomi Kreatif tahun 2020 Provinsi Gorontalo untuk Perwakilan Akademisi oleh Ibu Anggraeni M. S. Lagalo, S.Pd., M.Sc

FIB Mempromosikan Kampus-UMGo di RRI Pro 4 Gorontalo

Gorontalo 02 Maret 2020 Fakultas Ilmu Budaya mendapatkan Undangan dari RRI Pro 4 Gorontalo untuk berbicara Budaya dan kaitannya dengan Fakultas Ilmu Budaya. Yang jadi narasumber pada kegiatan tersebut adalah Bapak Berti Arsyad, M.Hum (Dosen Sastra Arab) & Febrianto Hakeu, M.Pd (Kabag TU-FIB). Dalam kesempatan itu, kedua narasumber memaparkan tentang Fakultas Ilmu Budaya itu sendiri dan tentang mata kuliah Budaya Gorontalo yang termaktub dalam Kurikulum Fakultas Ilmu Budaya-Universitas Muhammadiyah Gorontalo.